5 Masalah Kulit Perempuan Indonesia

Kulit memiliki peran yang sangat penting, salah satunya melindungi tubuh dari kotoran dan bahan berbahaya lainnya yang bisa memberi pengaruh buruk bagi tubuh. Dari segi kecantikan, kulit sangat berpengaruh pada kecantikan seseorang. Wajah yang cantik tak akan sempurna bila tak diimbangi dengan kulit yang sehat, bukan?

Di Indonesia, dengan dua musim dan cuaca yang cenderung panas, kulit menjadi kering dan kusam. Selain faktor cuaca, ada faktor lain yang menyebabkan perempuan Indonesia memiliki berbagai masalah kulit, antara lain stres, polusi udara, kesibukan, bahkan kurang tidur.

Selain itu, yang lebih mengejutkan, masalah kulit ini dialami oleh hampir seluruh perempuan dari seluruh lapisan dan status sosial. Ada lima masalah kulit yang paling dikhawatirkan oleh perempuan Indonesia, yaitu:

1. Kulit kasar

Kulit kasar merupakan salah satu akibat pengendapan kulit kering. Polusi, sinar matahari, dan kulit yang kurang terawat kelembabannya, menjadi salah satu faktor pemicunya. Kulit kering dan rusak biasanya akan mengumpul di lapisan atas kulit, dan lama-kelamaan akan menjadi kulit mati. Jika tidak dibersihkan dengan cermat, kulit mati akan menyebabkan kulit kasar dan cenderung bersisik.

2. Flek

Flek atau noda hitam pada wajah pasti mengganggu penampilan. Munculnya flek ini dipengaruhi oleh adanya pigmen berwarna yang terkandung dalam lapisan kulit manusia. Flek bisa timbul akibat dari serangan sinar UV yang menyebabkan melanin dalam kulit terangsang untuk mengeluarkan pigmen warna ke beberapa lapisan kulit, sehingga menyebabkan noda hitam di tubuh terutama wajah.

3. Warna kulit belang

Warna kulit yang tidak merata di beberapa tempat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang tidak merata pada permukaan kulit. Warna kulit menjadi berbeda antara yang terpapar sinar matahari dengan yang tertutup pakaian. Untuk mengatasinya, biasakan menggunakan krim tabir surya ke seluruh bagian tubuh, khususnya pada bagian yang sering terpapar sinar matahari. Meski tak melindungi kulit dengan sempurna, paling tidak paparan sinar matahari bisa ditangkal semaksimal mungkin, sehingga perbedaan warna belangnya tidak terlalu mencolok.

4. Kusam

Kulit kusam ini sebenarnya sangat berhubungan dengan kulit mati yang menumpuk di bagian lapisan atas kulit, menyebabkan kulit yang baru dan lebih sehat tertutup dan menjadi kusam. Kulit yang kusam ini juga dipengaruhi pigmen di dalam lapisan kulit, karena berbagai rangsangan dari luar seperti stres bisa menyebabkan pigmen warna ini muncul di wajah dan terlihat lebih kusam.

Banyak perempuan yang mengasumsikan bahwa hitam identik dengan kusam, dan putih cenderung dengan cantik dan bersih. Padahal hal ini tidak selalu benar. Kulit coklat merupakan identitas perempuan Indonesia, dan bisa terlihat berkilau asalkan dirawat dengan tepat.

5. Keriput

Keriput merupakan tanda penuaan kulit, yang disebabkan kekencangan kulit sudah tidak terjaga, sehingga menjadi kendur dan membentuk lipatan-lipatan. Namun kondisi cuaca, stres, dan perawatan yang tidak tepat, seringkali membuat kulit mengalami penuaan dini. Oleh karena itu, krim anti aging menjadi salah satu solusi yang biasa dilakukan.

Untuk meningkatkan kekencangan kulit, jangan melakukannya ketika kulit sudah keriput. Lakukan perawatan wajah ini ketika kulit masih elastis, atau saat dewasa muda. Para pakar kecantikan menyarankan untuk mulai merawat kulit pada usia 20-an, karena kulit sedang berada pada masa “keemasannya”. Dengan perawatan yang tepat, kulit pun tetap kencang dan Anda terlihat awet muda hingga di usia 40-an.

Sumber

Iklan

2 responses to “5 Masalah Kulit Perempuan Indonesia

  1. tes komentar, ket mau gagal arepe komen ndik kene, kudu login soale..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s